Monday, March 14, 2011

Museum SAMPARAJA Bima

Bima disamping memiliki Museum ASI Mbojo, juga memiliki satu lagi museum yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan naskah-naskah kuno peninggalan jaman kerajaan Bima. Museum ini adalah Museum SAMPARAJA yang terletak di Jalan Gajah Mada Kelurahan Monggonao Kota Bima. Bangunannya bukan peninggalan masa kerajaan dan di kelola oleh Yayasan Museum Samparaja Bima.
        Bangunan ini memiliki tiga ruangan. Untuk tari-tarian, pameran dan tempat menyimpan koleksi pribadi dan etnis-etnis Bima, seperti Kitab BO yang asli. Kitab ini membahas ihwal kerajaan Bima pada abad 14 Masehi. Kitab BO ini telah diterbitkan dalam bentuk buku yang berjudul BO Sangajikai yang merupakan catatan kerajaan Bima.
        Dimuseum ini juga terdapat benda-benda peninggalan jaman Kesultanan Bima. Disebelah timur ada ruangan yang menyimpan baju adat Tari Toja. Tarian ini diperankan oleh empat orang perempuan. Ada juga baju adat Tari Kanja dan baju kebesaran kerajaan Bima. Pakaian ini digunakan saat upacara adat Hanta U'A PUA. Tersimpan juga di museum ini pakaian Galarang dan cara adat Camat jaman kerajaan dan kesultanan.
        Bangunan bagian Barat ada ruangan yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan alat dapur dari perunggu, peralatan songket, kebaya emas yang dibuat pada abad 16 dan meja sisa peninggalan Kesultanan Bima. Disamping itu juga ada foto Sultan Ibrahim, foto Sri Sultan Ibrahim dan foto Sultan Muda Muhammad Salahuddin yang masih tersimpan dengan baik. Koleksi-koleksi ini seolah-olah mengajak kita untuk mengingat bagaimana masa kerajaan dan kesultanan dulu.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More